FORSIRISMA, RIWAYATMU KINI

 
NOSTALGIA FORSIRISMA
Pojokkomet.com--Era ‘90an sampai awal 2000an mungkin bisa dibilang masa kejayaan remaja-remaja masjid atau RISMA. Saat itu hampir tiap masjid mempunyai kelompok remaja islam yang dengan penuh semangat berkumpul memakmurkan masjid. Tak sekedar ngaji, beragam kegiatan mulai dari qosidah, lomba-lomba, tadabur alam, benar-benar wewarnai kehidupan remaja islam saat itu. Bahkan ada beberapa kelompok risma yang bergotong royong bekerja membersihkan ladang warga sampai numpang garap ladang sebagai sumber dana risma.

Dengan ghirohnya yang luar biasa saat itu aktivitas mereka tak terbatas di lingkungan sekitar. Untuk menjalin silaturahmi antar risma maka muncullah gagasan mendirikan sebuah wadah kebersamaan dengan cakupan yang lebih luas. Yang kemudian wadah tersebut diberi nama FORSIRISMA. Bagi yang mengalami masa remaja di era tersebut pasti akan selalu ingat dengan yang namanya FORSIRISMA.

FORSIRISMA atau Forum Silaturahmi Antar Risma merupakan wadah silatuarahim risma lintas desa bahkan lintas kecamatan. Ada puluhan kelompok risma desa yang tergabung dalam FORSIRISMA saat itu. Beberapa diantaranya yang masih saya ingat, risma-risma dari desa Wonosari, Purwosari, Gantiwarno, Srisawahan, Saptomulyo, Trisnomulyo, Sritejo,dll.

Selain mengadakan kajian bergilir antar masjid yang merupakan agenda rutin, FORSIRISMA juga mengadakan tadabur alam, lomba antar TPA, KURSUS guru ngaji dan lain lain.

Diawal tahun 2000an ditengah gempuran globalisasi dan kemajuan teknologi, semangat risma mulai mengalami kemerosotan. Bahkan di beberapa masjid, risma benar-benar mati. Hal itu berimbas pula pada forsirisma, semangat silaturahmi risma benar-benar mulai luntur. Forsirisma mulai berjalan terseok-seok kembang kempis. Di tangan sang ketua baru mas Abu Hamid, yang digadang gadang bisa memberi semangat baru, forsirisma tak mampu bertahan. Forsirisma harus menyerah kepada takdir.

FORSIRISMA kini tinggal kenangan

FORSIRISMA riwayatmu kini....

##35 wonosari 17/04/16

1 Response to "FORSIRISMA, RIWAYATMU KINI"

Total Pageviews

KLIK